Cara Mengatasi Insomnia Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Insomnia Terbukti Ampuh - Bagi anda yang sering menderita susah tidur atau insomnia sebaiknya baca beberapa cara mengatasi insomnia yang akan Admin ulas pada kesempatan kali ini. Insomnia sendiri merupakan gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur ataupun mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. 

Pada umumnya gejala tersebut akan diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Jika anda menderita insomnia mungkin bantuan medis atau psikologis akan diperlukan karena ada terapi psikologis yang ampuh mengatasi insomnia, yakni terapi kognitif.
Saat ini ternyata banyak penderita insomnia yang tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya agar bisa beristirahat. Padahal penggunaan obat-obat tersebut justru dapat menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa mengonsumsi obat tersebut. 

Cara Mengatasi Insomnia Terbukti Ampuh - Perlu kami tekankan disini bahwa insomnia bukan merupakan suatu penyakit, tetapi hanyalah suatu gejala yang mempunyai berbagai penyebab seperti emosional, kelainan fisik, pemakaian obat-obatan, dan masih banyak lagi.

Biasanya, penderita insomnia ini seringkali memiliki rasa cemas, gelisah, depresi, ketakutan, ataupun lainnya yang mengganggu pikirannya sehingga membuat si penderita susah untuk tidur. 

insomnia

Meskipun insomnia bukanlah suatu penyakit namun masalah susah tidur ini tentu akan memicu berbagai masalah kesehatan lainnya karena otomatis tubuh anda kurang istirahat dan metabolisme Anda tubuh terganggu.
Nah, cara mengatasi insomnia sendiri sebenarnya cukup mudah tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia. Namun, dengan catatan gangguan susah tidur ini belum terlalu berat. 

Apabila penderita sudah berat maka dibutuhkan pengobatan lebih lanjut oleh dokter. Langsung saja berikut ini adalah beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat anda coba terapkan secara rutin :
1. Ciptakan suasana tenang menjelang tidur
Saat anda hendak tidur cobalah untuk tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum Anda tidur. Ciptakan suasana yang nyaman, salah satunya yakni meredupkan cahaya di kamar dan hindari suara yang berisik. Setelah itu mulailah untuk istirahat dan tidur.
2. Caritahu penyebab insomnia
Ada banyak sekali penyebab insomnia, untuk itu cobalah mencari tahu penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah stres emosional, konsumsilah obat untuk mengurangi stres. Apabila penyebabnya adalah depresi, cobalah berikan obat anti-depresi.
3. Hindari begadang
Kebiasaan bergadang merupakan salah satu faktor utama penyebab Anda menderita insomnia, selain itu waktu istirahat yang tidak menentu juga menjadi salah satu penyebab insomnia juga. Untuk itu, sebaiknya hindari begadang dan buatlah jadwal rutin untuk mulai istirahat dan tidur. Begadang sendiri juga memiliki efek yang buruk bagi kesehatan Anda. Segera tinggalkan begadang jika bukan meerupakan sesuatu yang mendesak yang memaksa Anda untuk begadang.

4. Jangan tidur pada siang hari
Tidur siang hari akan membuat anda kuat untuk begadang malam hari. Apabila ini sudah menjadi kebiasaan tentunya akan susah untuk menghilangkannya. Untuk itu cobalah menghindari tidur siang hari agar saat malam hari mudah tidur.
5. Jangan minum kafein berlebih
Seperti kita ketahui bahwa kafein dapat membuat kita tetap terjaga saat malam hari. Untuk itu jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti halnya kopi.
6. Jangan merokok
Kandungan nikotin pada rokok seperti halnya kafein pada kopi, yakni dapat membuat anda semakin terjaga. Untuk itu pastikan anda tidak merokok apabila ingin tidur dengan cepat.
7. Menetralisir suara
Suara berisik dapat datang dari apa saja, mulai dari kendaraan, hewan peliharaan, musik, dan lainnya. Cobalah menetralisir semua suara yang dapat mengganggu pikiran sehingga anda dapat rileks dan tidur nyaman.
Nah, sekian tadi tips cara mengatasi insomnia, semoga Anda tetap bisa tidur dengan nyenyak dan mudah setelah mempraktekan  tips tips diatas. Namun jika Anda sudah menderita insomnia akut, sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Insomnia Terbukti Ampuh"

Posting Komentar